Program Pertamina Drilling di Kaltim Terima Apresiasi E2S Award 2023

Program Pertamina Drilling di Kaltim Terima Apresiasi E2S Award 2023

Ex-Pose.net, Jakarta – Dirut PT Pertamina Drilling Avep Disasmita memberikan apresiasi atas penghargaan yang di raih salah satu program TJSL unggulan.

“Program tersebut yaitu, ‘Program Olah Air Limbah untuk Pertanian Berbasis Energi Baru Terbarukan’ di Kecamatan Sangasanga, Kalimantan Timur,” katanya seperti di kutip kabarbumn com, Selasa (16/1/2023).

Ia menambahkan, program tersebut mendapatkan apresiasi kategori ‘Best Social Innovation Oil and Gas Services Company’ pada ajang Energy and Mining Editor Society (E2S) Award 2023 di Double Tree by Hilton Hotel, Jakarta.

Ia menambahkan, Pertamina Drilling memanfaatkan air limbah dari kegiatan pertambangan batubara yang banyak di temukan di wilayah Kecamatan Sangasanga dengan metode teknologi filtrasi. Berbasis panel surya yang mampu memulihkan kualitas air limbah bekas tambang menjadi layak untuk pengairan pertanian warga.

“Melalui pencapaian ini, Pertamina Drilling turut memberikan dukungan terhadap tercapainya Net Zero Emission maksimal pada tahun 2060. Aktivitas ini juga memberikan value creation terhadap komunitas sekitar wilayah di lakukannya program,” ucap Avep.

Avep berharap bahwa sistem program ini kedepannya bisa di terapkan di wilayah yang sejenis dengan Kecamatan Sangasanga, yakni wilayah tambang.

“Di mana, program TJSL hadir sebagai solusi terhadap masalah para petani di Kelurahan Sangasanga Muara yang kerap mengalami gagal panen. Karena mengandalkan air bekas limbah tambang sebagai pengairan pertanian,” katanya.

Sementara itu, Communication & Relation Manager Pertamina Drilling Meddenia berharap program tersebut mampu meningkatkan produktivitas panen.

“Serta memenuhi kebutuhan para petani secara berkelanjutan,” ucap Meddenia.

Kesempatan yang sama, Community, Involvement, and Development (CID) Officer Pertamina Drilling Indah Septiani menyampaikan bahwa melalui program ini, Pertamina Drilling turut memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sekitar wilayah pengeboran.

“Program ini merupakan kolaborasi antara Pertamina Drilling dan masyarakat dalam rangka bersinergi untuk terus maju bersama. Sehingga pada akhirnya, terciptalah kesejahteraan, baik bagi Perusahaan maupun masyarakat,” ujar Indah.

 

Editor : Anningel

 

Visited 1 times, 2 visit(s) today