Jelang Arus Mudik, Dishub Kota Bandung Akan Gelar ‘Ramp Check’

Ex-pose.net, BANDUNG – Dinas Perhubungan Kota Bandung akan menggelar inspeksi keselamatan atau ‘ramp check’ di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang menjelang arus mudik lebaran 2024.

“Selain itu, pihaknya bakal jemput bola dengan mendatangi sejumlah pul bus,” kata Plt Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara di Balaikota pada Kamis (21/3/2024).

Ia menjelaskan, ramp check angkutam di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang pada 3 hingga 9 April 2024. Sedangkan di pul bus tanggal 27 Maret-2 April 2024 mendatang.

“Hal ini demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada calon penumpang yang akan mudik ke kampung halamannya. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” kata Asep.

Asep menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bertekad memberikan layanan prima. Sepanjang musim mudik lebaran tahun ini.

“Oleh karenanya, Pemkot Bandung akan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Agar lebaran bisa di lalui dengan rasa gembira,” ucapnya.

“Kolaborasi dan koordinasi dari berbagai stakeholder yang ada di maksimalkan. Mulai dari pengawasan operasional angkutan umum, pengendalian sirkulasi arus lalu lintas, penyiapan fasilitas pelayanan pada terminal,” sambung Asep.

Menurutnya, agar tercipta mobilitas yang lancar dan kondusif. Akan menyiapkan fasilitas perlengkapan jalan, seperti traffic barrier, cone, concrete, water, dan lain-lain.

“Semua di persiapkan, penempatan personil untuk mengatur dan mengurai kepadatan arus lalu lintas juga penyiapan titik lokasi parkir,” jelas Asep.

Plh Sekertaris Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia menerangkan, penyiapan fasilitas perlengkapan jalan selama masa mudik dan balik Lebaran di laksanakan bersama Polrestabes Bandung.

“Kami siap menempatkan sejumlah personelnya. Mereka terdiri dari 12 Taruna, 200 orang PPL, dan 36 ASN. Mereka akan di sebar di 10 titik pos pengamanan (Pospam),” katanya.

“Di antaranya, di Simpang Dago, Gedung Sate, Gedung Merdeka, Alun-alun, Kepatihan, Terminal Cicaheum, Bunderan Cibiru, Cikapayang Dago, Buahbatu, Stasiun Bandung dan Terminal Leuwipanjang,” ujar Asep Kurnia.

Sementara itu, Kanit Kamsel Sat Lantas Polrestabes Bandung Iptu Dewi Prawira Putri mengatakan, rekayasa lalu lintas dan alih arus titik akan di lakukan di jalur padat kendaraan.

“Rencana rekayasa lalu lintas pelaksanaan one way Bandung-Lembang dan jalur padat Jalan Ir H Djuanda akan di lakukan pada saat weekend dan hari libur,” katanya.

Sumber : Humas Kota Bandung
Editor : Anningel
Visited 1 times, 1 visit(s) today