KMBR Pertanyakan Kinerja DLH Kabupaten Bogor Terkait Retribusi Miliaran Tidak Setor

KMBR Pertanyakan Kinerja DLH Kabupaten Bogor Terkait Retribusi Miliaran Tidak Setor

EX-POSE.NET, Bogor – Pengurus Kesatauan Aksi Mahasiswa Bogor Raya (KMBR) mempertanyakan kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor yang di duga bermasalah atas retribusi yang nominalnya begitu besar tidak di setorkan ke Kas Daerah.

Koordinator KMBR Ihsan Arrofie mengatakan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawas Keuangan (BPK) terdapat penerimaan retribusinyang tidak di setorkan ke kas daerah sebesar Rp4 miliar lebih.

“Kita mempertanyakan kemana uang retribusi yang begitu besar. Seharusnya di setorkan ke kas daerah kok malah tidak di setorkan dan sudah sejauh mana tindak lanjutnya,” ujar Ihsan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/4/2023).

Selain itu, pihaknya mempertanyakan di mana pengawasan DLH terhadap UPT se Kabupaten Bogor yang juga di duga bermasalah.

“Hampir semua UPT juga bermasalah kalau kita lihat di data BPK jelas di sebutkan banyak juga UPT yang tidak menyetorkan retribusi ke kas daerah. Bahkan ada yang nominalnya hingga ratusan juta,” tegas Ihsan.

Ia juga mempertanyakan kinerja Kepala UPT yang tidak tertib dalam pemungutan dan penyetoran retribusi kebersihan. Serta banyak masalah-masalah lain yang memang harus di benahi.

“Usut secara tuntas dan terang benderang kemana uang retribusi itu. Kenapa bisa tidak di setorkan itu kan uang negara yang harus jelas peruntukannya. Kami akan terus mengawal sampai semuanya jelas,” pungkasnya.

 

Penulis : Ferra
Editor : Rieke
 

Berita Lain : Warga Keluhkan Bau Busuk Limbah PT RUM Sukoharjo

 

KMBR / Danakirtimedia

Visited 3 times, 1 visit(s) today