Safari Bintal Wujudkan Mental Tangguh Prajurit Jalasena

Safari Bintal Mewujudkan

Safari Bintal Wujudkan Mental Tangguh Prajurit Jalasena


 

EXPOSE NET, (Ambon). Wujudkan Mental Tangguh Prajurit Jalasena, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla melaksanakan Safari Pembinaan Mental Terpadu Tahun 2023 bertempat di Gedung J. Leimena, Komplek Lantamal IX, Baguala, Kota Ambon pada Selasa (17/10/2023). 

 
Safari Pembinaan Mental (Bintal) Terpadu adalah salah satu unsur dari sistem pembinaan personel TNI yang merupakan implementasi dari pembinaan kekuatan TNI, khususnya di bidang kejiwaan. 
 
Pelaksanaan Safari Bintal Terpadu 2023 dengan tema “Mewujudkan Mental Tangguh Prajurit Jalasena dan Generasi Muda Bangsa Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” disampaikan oleh Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy M. Latief, Laksamana Pertama TNI Elka Setyawan serta Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Dr. Abidin Wakano 
 

Pada kesempatan tersebut Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy M. Latief menyebutkan bahwa Safari Bintal ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut untuk memberikan bimbingan mental terhadap prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut serta keluarga dan Jalasenastri, berupa bimbingan mental dan rohani, bimbingan mental Ideologi Pancasila, bimbingan mental keluangan serta bimbingan konseling. 

 

Sementara, Laksamana Pertama TNI Elka Setyawan saat itu membahas tentang keadaan dan dampak globalisasi yang saat ini terjadi di Indonesia serta pentingnya penanaman Ideologi Pancasila yang merupakan ideologi dasar, jati diri dan pedoman bangsa Indonesia yang berisi nilai-nilai luhur. 

 
Tidak hanya itu Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ambon Dr. Abidin Wakano juga menekankan agar seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat akan membawa dampak baik maupun buruk diperlukan bimbingan mental dan rohani kepada seluruh prajurit dan PNS Angkatan Laut serta seluruh lapisan masyarakat.
 
Diskusi siang itu berjalan sangat menarik, tampak antusiasme dari seluruh peserta yang hadir meliputi Pejabat Umum, stake holder, Tokoh Adat, Pengurus Korcab IX DJA III, prajurit dan PNS Lantamal IX, serta perwakilan mahasiswa di sekitar Kota Ambon. Selain itu, stake holder yang hadir pada kesempatan tersebut juga memberikan masukan dan tanggapan mengenai upaya pembinaan mental yang digelar oleh TNI Angkatan Laut. 
Pada kesempatan yang sama Brigjen Said Latuconsina mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat mempersiapkan dan memandu jalannya acara Safari Bintal Terpadu 202. 
 
Brigjen Said Latuconsina berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat dijadikan dorongan dan inspirasi untuk melakukan tugas terbaik dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mampu memelihara ketahanan mental prajurit beserta keluarga TNI.  (Dispen Lantamal IX/Ambon)
10/17/2023
Visited 17 times, 1 visit(s) today