Rebana dan Pengajian Majelis Ta’lim Mesjid At-Taqwa Bojong Baru
banner 728x90

Rebana dan Pengajian Majelis Ta’lim Mesjid At-Taqwa Bojong Baru

banner 325x300
banner 451x150

Rebana dan Pengajian Majelis Ta’lim Mesjid At-Taqwa Bojong Baru

EXPOSE NET, Bogor || Pengajian Majelis Ta’lim Mesjid At-Taqwa oleh warga Perum TNI Puspa Raya Desa Bojong Baru Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, merupakan kegiatan rutinitas bulanan dilaksanakan. Kegiatan keagamaan islam yang mempunyai manfaat yang positif bagi pesertanya.

Pengajian Majelis Ta’lim ini biasa dilaksanakan di Masjid A’Taqwa diikuti oleh para ibu-ibu lingkungan di RW 9, 10, 11, 12, 14  Perum TNI Puspa.

EX-POSE.NET NEWS : Latest-Trusted-Objective || Terima kasih sudah masuk dan membaca Portal Berita-Berita kami

banner 728x90

Adalah ibu Majelis Taklim Mesjid Al Muhajirin RW 12 sebagai penyelenggara pengajian pada hari Sabtu 9 September 2023 Jam 09.00 di Mesjid At-Taqwa dengan Penceramah Ustadzah Hj. Umi Ruhilah, sukses di gelar.

Kegiatan ini biasanya dilakukan di minggu pertama pada setiap bulan dengan tujuan belajar tentang sholawatan, membaca surat yasin serta membaca Alquran.

Terlihat juga selain didalam acara tersebut ada Kegiatan lainnnya Rebana. Rebana adalah gendang berbentuk bundar.

Biasanya ibu-ibu Majelis Talim menampilkan rebana pada saat acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pernikahan, akikah, maupun sunatan.

Kesenian Rebana merupakan salah satu kesenian yang bernafaskan Islam. Keberadaannya sangat melekat pada pola kehidupan masyarakat mulai dari pedesaan sampai perkotaan.

Melekatnya aktifitas rebana tidak terlepas dari fungsi kesenian rebana bagi masyarakat pendukungnya serta dukungan dari tokoh masyarakat dan para alim ulama. Sebagai salah satu media dakwah, aktifitas kesenian rebana hadir dari berbagai kegiatan kelompok pengajian, kegiatan peringatan hari besar islam, tasyakuran, walimatul Urusy, Walimatul Khitan, Walimatul Hamli, maupun perayaan yang lain.

Bentuk penampilan kesenian rabana dapat dikategorikan dalam bentuk tradisional maupun modern. Perbedaan rebana tradisi terletak pada peralatan musik yang digunakan yaitu berupa alat musik terbang dan lagu-lagu yang dibawakan umumnya diambil dari kitab albarjanzi, kitab dziba, kitab simbud durror, dan kitab kuning lainnya. (*).

 

 

 

Rebana dan Pengajian Majelis / danakirtimedia
Visited 17 times, 1 visit(s) today
banner 325x300 banner 728x90
banner 325x300 banner 728x90