ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas Kemanusiaan Peduli Sesama

ASEX 01-Natuna

ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas Kemanusiaan Peduli Sesama, Ciptakan Solidaritas

EXPOSE NET, Natuna — Kegiatan Engineering Civic Action Program Encap (ENCAP) atau rahabilitasi/perbaikan rumah untuk menumbuhkan solidaritas negara Asean yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) ASEX 01- Natuna (Asean Solidarity Exercise).

Pada bulan Agustus 2023 Asex 01-Natuna sudah mulai melakukan aktifitas kegiatan kemanusian sosial seperti melakukan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Perbaikan RTLH hingga kini Senin (28/8/2023) masih dalam proses rehabilitasi sekitar 5 buah rumah yang berada di Pulau Sabang Mawang, Natuna.

Koordinator rehabilitasi yang tergabung dalam ASEX 01-Natuna terdiri dari TNI dan masyarakat setempat masih melaksanakan pembongkaran 5 rumah tersebut.

Untuk rehabilitasi diantaranya, rumah Bapak Tony, Bapak Zarifin Ibu Surtina dan Bapak Prehaten dibongkar seratus persen karena sudah rusak berat.

Kini ke 4 rumah masih sedang aktifitas pemasangan tiang tongkat, pemasangan bantalan papan/lantai, pemasangan atap dan resplang, pembuatan kamar mandi dan pemasangan rangka plafon dan pemasangan kuda-kuda atap.

Sedangkan untuk rumah Bapak Aprianto, akan dimulai direhabilitasi pada 1 September 2023. Ke 5 rumah RTLH direncanakan akan rampung dan penyerahan kunci tepat pada 23 September 2023 bertepatan saat acara penutupan Latgabma ASEX 01-Natuna mendatang yang akan dilaksanakan di Pulau Sabang Mawang Natuna.

Rehabilitasi sejumlah rumah penduduk tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusian dalam rangkian kegiatan Asex 01 – Natuna yang melibatkan unsur-unsur Militer dan Sipil dari negara Asean yang baru pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator utama.

Menurut rencana, selain rehabilitasi RTLH oleh Asex 01- Natuna juga akan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti pengobatan massal, sunnatan masal, pembagian sembako dan kegiatan lainnya.

Kegiatan Asex 01- Natuna rencananya akan dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Batam pada 19 September 2023 dihadiri oleh seluruh Panglima Militer anggota Asean. (Puspen TNI).

 

ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas /danakirtimedia

Visited 45 times, 1 visit(s) today

Respon (1)

Komentar ditutup.