86% Penduduk Indonesia Sudah Memiliki Kekebalan COVID 19

Foto : ilustrasi Kemenkes

EXPOSE.NET, JAKARTA – Angka ini diperoleh dari Hasil Sero Survey yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri dan Tim Pandemi FKM UI pada periode November-Desember 2021 di wilayah aglomerasi dan non-aglomerasi di seluruh Indonesia.

Dari hasil survey, mayoritas masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi yang diperoleh dari kekebalan alami maupun kekebalan yang terbentuk dari pemberian vaksinasi COVID-19 untuk mengurangi gejala yang buruk akibat infeksi COVID-19.

Penyuntikan vaksinasi dosis kedua yang dilanjutkan dengan booster terbukti ampuh menekan gejala terburuk bahkan kematian pada pasien COVID-19. Mengingat manfaatnya yang besar, kalau udah tiba gilirannya segera vaksinasi booster disentra vaksinasi atau fasyankes terdekat ya.

Walaupun kekebalan tubuh sudah terbentuk, bukan berarti kita terbebas dari penularan COVID-19. Potensi terinfeksi dan menularkan COVID-19 masih tetap ada manakala tidak disiplin protokol kesehatan. Kedua kombinasi ini harus kita laksanakan beriringan untuk perlindungan yang optimal.(red)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan Balasan